Cara Komplain Anteraja Tokopedia dan Shopee 2024

Ajiz Cahyono

Cara Komplain Anteraja Tokopedia dan Shopee

Ketika mendapati masalah atau kendala pengiriman di Anteraja, biasanya konsumen akan melakukan komplain atau pengaduan ke pihak terkait. Baik komplain pengiriman barang dari Tokopedia, Shopee maupun dari E-Commerce lain.

Pengaduan terkait masalah pengiriman di Anteraja dapat dilakukan pada layanan Reguler, Next Day, Same Day maupun beberapa layanan lainnya. Namun bagaimana cara komplain Anteraja? Apakah bisa komplain lewat WA?

Ada beberapa masalah pengiriman yang membuat konsumen memutuskan untuk melakukan komplain ke kurir, agen atau Anteraja pusat. Misalnya ketika muncul masalah paket Anteraja tidak bergerak, hilang, rusak atau adanya kesalahan lainnya dalam proses pengiriman.

Nah pada artikel kali ini, Tomorrowsuite.id akan menyajikan rangkuman tentang cara komplain Anteraja untuk pengiriman Tokopedia, Shopee dan lainnya. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, silahkan simak terlebih dahulu apa saja hal yang perlu dipersiapkan ketika akan mengajukan komplain berikut ini.

Persiapan Sebelum Komplain Anteraja

Persiapan Sebelum Komplain Anteraja
Source: anteraja.id

Sebelum melakukan komplain ke pihak komplain, tentunya konsumen perlu mempersiapkan berbagai hal. Misalnya menyiapkan nomor resi, hasil tracking (status pengiriman) maupun mengenai bukti kendala yang dialami. Berikut adalah hal apa saja yang perlu disiapkan sebelum mengajukan komplain Anteraja.

Siapkan Nomor Resi

Hal pertama yang wajib dipersiapkan ketika pengajuan komplain yaitu nomor resi. Pastikan kalian sudah memiliki nomor resi pengiriman Anteraja yang masih berlangsung. Disamping itu, pastikan juga kalian mengetahui detail pengiriman seperti nama, nomor telepon dan alamat pengirim atau penerima.

Cek Status Pengiriman

Hal kedua yang perlu dipersiapkan ketika pengajuan komplain yakni mengenai status pengiriman Anteraja. Pastikan kalian sudah melakukan cek resi Anteraja dan ketahui hasil tracking paket nya seperti apa.

Kemudian ketika melacak paket Anteraja terdapat kesalahan atau kendala pengiriman, maka hal tersebut dapat digunakan sebagai bahan pengaduan. Baik masalah pada paket, kurir, agen atau cabang dan beberapa masalah pengiriman lainnya.

Catat Kendala dan Bukti

Hal ketiga yang wajib dipersiapkan ketika pengajuan komplain yaitu mengenai bukti. Pastikan kalian menyiapkan sejumlah bukti yang cukup untuk mengajukan komplen ke pihak Anteraja.

Misalnya dengan melakukan screenshot pada halaman tracking (status pengiriman paket), foto barang kiriman rusak atau beberapa bukti kendala pengiriman lainnya. Sehingga bukti kendala kirim barang Anteraja tersebut dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan pihak jasa ekspedisi terkait.

Nah setelah ketahui apa saja persiapan nya, sekarang apa saja masalah pengiriman Anteraja yang sering dialami konsumen? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Alasan Komplain ke Anteraja

Alasan Komplain ke Anteraja
Source: anteraja.id

Berbagai alasan atau masalah pengiriman yang membuat pelanggan memutuskan melakukan komplain diantaranya seperti kendala tracking paket, kendala proses pengiriman maupun barang tidak sampai ke tujuan (salah alamat).

Adanya masalah tersebut tentu sangat mengganggu atau membuat tidak nyaman pelanggan dalam menggunakan jasa ekspedisi Anteraja. Berikut adalah beberapa masalah pengiriman yang sering muncul di Anteraja:

  • Keberadaan barang kiriman Anteraja tidak bisa dilacak menggunakan nomor resi.
  • Ketika melakukan tracking, paket Anteraja tidak bergerak.
  • Barang kiriman datang terlambat melebihi batas estimasi waktu pengiriman di Anteraja.
  • Paket Anteraja sampai di alamat tujuan dengan kondisi rusak, hilang atau masalah lainnya.
  • Paket Anteraja tidak sampai ke alamat tujuan (salah alamat kirim).
  • Adanya biaya ongkos kirim yang tidak wajar (misalnya ada tambahan biaya kirim lainnya).
  • Adanya kesalahan pengiriman yang disebabkan oleh kurir, agen atau pihak pengiriman terkait.

Nah setelah ketahui beberapa alasan di atas, sekarang bagaimana cara mengajukan protes ke Anteraja terkait masalah pengiriman yang dialami? Silahkan simak rangkuman nya berikut ini.

Cara Komplain Anteraja

Cara Pengajuan Komplain Anteraja
Source: anteraja.id

Setiap jasa ekspedisi, tentunya menyediakan layanan pengaduan, komplain, saran dari konsumen. Begitu juga pada jasa ekspedisi Anteraja yang menyediakan beberapa kontak pengaduan bagi konsumen.

Mulai dari layanan komplain lewat WA, Email, panggilan telepon, formulir online dan lain sebagainya. Berikut adalah cara pengajuan komplain Anteraja untuk kendala pengiriman dari Tokopedia, Shopee dan Mitra lainnya:

Lewat WA

Cara pengajuan komplain Anteraja pertama yaitu melalui WA (pesan Whatsapp). Pelanggan dapat mengajukan komplain lewat nomor WA 0811 9610 9367. Menggunakan nomor WA CS Anteraja tersebut, konsumen bisa mengajukan terkait masalah pengiriman yang terjadi.

Yaitu dengan memberikan informasi seperti nomor resi, kronologi, kendala terjadi dan bukti adanya masalah. Sehingga hal tersebut akan ditangani oleh petugas customer service atau petugas yang bertanggung jawab (agen maupun kurir Anteraja).

Lewat Email

Cara pengajuan komplain Anteraja kedua yaitu melalui pesan Email. Konsumen bisa mengajukan komplain ke alamat email cs@anteraja.id. Mengirim email untuk melakukan komplain juga perlu didukung adanya nomor resi, penjelasan kendala dan bukti masalah pengiriman yang terjadi. Pelanggan bisa ajukan komplain menggunakan format email seperti berikut ini:

Kepada: cs@anteraja.id

Subjek: Inti Komplain

Isi Email:

Yth. Customer Service Anteraja

Mohon Bantuan terkait kendala pengiriman yang saya alami dengan nomor resi (sebutkan nomor resi). Masalah yang saya alami berupa (sebutkan kendala pengiriman). Berikut saya lampirkan rincian paket dan bukti-bukti:

  • Nomor resi:
  • Nama penerima:
  • Alamat Penerima:
  • Nomor Telepon:

Sekiranya pihak ekspedisi Anteraja bersedia menanggapi dan membantu kendala pengiriman tersebut segera.

Terima kasih.

(Lampirkan file berupa foto, screenshot atau bukti lain).

Lewat Panggilan Call Center

Cara pengajuan komplain Anteraja ketiga yaitu melalui panggilan telepon ke call center 24 jam. Pelanggan Anteraja bisa hubungi customer service pusat di nomor (021) 5066 3333.

Ketika melakukan panggilan telepon ke petugas CS Anteraja, silahkan berikan semua informasi yang dibutuhkan. Mulai dari nomor resi, nama, alamat dan nomor telepon penerima berikut dengan penjelasan kronologi masalah pengiriman yang terjadi.

Kemudian silahkan simak secara baik-baik penjelasan dari pihak customer service Anteraja tersebut. Silahkan ikuti semua perintah atau instruksi yang diberikan oleh petugas CS Anteraja.

Lewat Formulir Komplain

Cara pengajuan pengajuan komplain selanjutnya yaitu melalui formulir di website resmi Anteraja. Konsumen bisa menceritakan kendala pengiriman yang dialami lewat link Formulir Komplain.

Lewat halaman formulir komplain tersebut, konsumen wajib mengisi nama, nomor telepon, email, AWB/Kode Booking/Nomor Resi, penjelasan masalah dan upload maksimal bukti pendukung dalam format JPG, JPEG dan PNG.

Kemudian setelah mengisi semua formulir, silahkan kirimkan laporan komplain tersebut. Yaitu dengan ketuk tombol Kirim Laporan di bagian bawah. Setelah itu tunggu sampai pihak Anteraja memberikan balasan lewat email.

Lewat Akun Media Sosial

Cara pengajuan komplain Anteraja selanjutnya yaitu lewat akun resmi di Sosial Media (Sosmed). Misalnya dengan mengirim DM lewat Instagram, Twitter, Facebook dan sosial media resmi Anteraja lainnya. Berikut adalah link akun media sosial resmi Anteraja:

Lewat pesan atau DM ke Sosmed Anteraja, silahkan informasikan ke petugas CS terkait masalah pengiriman yang dialami. Yaitu dengan menyebutkan nomor resi, nama, alamat dan nomor telepon penerima berikut dengan penjelasan kendala nya seperti apa.

Selain mengirimkan pesan, kalian juga bisa Mention akun resmi Anteraja untuk mendapatkan tanggapan dari pihak jasa ekspedisi. Hal ini biasanya dilakukan pelanggan ketika mendapatkan balasan DM dari pihak Anteraja dengan jangka waktu yang cukup lama.

Agen Anteraja Terdekat

Cara mengajukan komplain Anteraja yang terakhir yaitu dengan mengunjungi kantor pusat, gudang, agen cabang atau mitra Anteraja terdekat. Silahkan temui petugas admin atau CS kantor Anteraja tersebut untuk menyampaikan kendala pengiriman.

Tentunya ketika komplain langsung ke kurir atau agen terdekat, kalian juga wajib memberikan data seperti nomor resi, nama penerima dan lainnya. Sehingga petugas CS agen Anteraja terdekat bisa tracking masalah yang dialami pelanggan untuk mendapatkan solusi.

Kesimpulan

Menarik kesimpulan artikel di atas, bahwa cara komplain Anteraja dapat dilakukan lewat pesan WA, email, panggilan telepon call center, mengisi formulir komplain maupun dengan kirim DM ke akun Sosmed resmi Anteraja.

Ketika mengajukan komplain, pastikan kalian memiliki nomor resi yang valid, bukti-bukti kendala pengiriman maupun menyiapkan segala hal yang berkaitan dengan pengiriman. Misalnya seperti nama, nomor telepon dan alamat penerima maupun pengirim barang di Anteraja.

Bagikan:

Photo of author

Ajiz Cahyono

Menjadi seorang penulis di website telah menjadi karir saya selama lebih dari 5 tahun. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.id.