Lebih Cepat Mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat?

Fathur Pradita

Lebih Cepat Mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat

Era digital seperti sekarang, hampir semua lapisan masyarakat memprioritaskan berbelanja online. Kebanyakan dari mereka menggunakan jasa ekspedisi karena alasan efisiensi waktu. Bahkan, beberapa waktu belakangan banyak kalangan mempertanyakan lebih cepat mana SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat.

Secara umum, perbandingan lebih cepat mana ekspedisi satu sama lain disebabkan sejumlah faktor. Di mana, hal tersebut akan mempengaruhi pengiriman baik dalam hal waktu sampai tujuan, ongkos kirim ataupun ketentuan lain dalam proses distribusi. Hal ini juga berlaku untuk Sicepat maupun Shopee Express.

Selain SiCepat dan Shopee Express, masih banyak perusahaan ekspedisi terkemuka di Indonesia seperti JNE, J&T, TIKI dan lain sebagainya. Di mana, kecepatan pengiriman yang banyak perbandingkan masyarakat saat ini adalah antara SiCepat dengan layanan Halu serta Shopee Express Hemat.

Lantas, lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat? Untuk informasi detail serta perbandingan antar kedua ekspedisi tersebut, setiap orang harus mengetahui apa saja yang menjadi keunggulan masing-masing produk layanan keduanya di bawah ini.

Keunggulan SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat

Keunggulan SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat

Untuk mempermudah pertimbangan lebih cepat mana SiCepat atau Shopee Express, penting bagi tiap individu mengetahui keunggulan masing-masing ekspedisi. Di mana, keduanya menawarkan estimasi waktu pengiriman berbeda dibanding layanan yang tersedia.

Namun, perkiraan waktu pengiriman baik menggunakan SiCepat Halu atau Shopee Express sendiri sangat mungkin dipengaruhi jarak, situasi maupun kondisi serta kendala dalam proses ekspedisi. Maka, saat alamat tujuan lebih jauh, proses ekspedisinya akan memakan waktu lebih banyak.

Sebelum membandingkan lebih cepat mana SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat penting untuk mengetahui keunggulan masing-masing. Di mana, kelebihannya adalah sebagai berikut:

Keunggulan SiCepat Halu

  • Proses pengiriman menggunakan jalur darat serta udara
  • Tersedia fasilitas penjemputan
  • Ongkir terjangkau
  • Pelanggan dapat menggunakan layanan pengiriman atau penjemputan melalui aplikasi atau website
  • Tersedia di semua wilayah Indonesia
  • Estimasi waktu sampai sama dengan layanan reguler

Keunggulan Shopee Express Hemat

  • Ongkir terjangkau
  • Berat paket maksimal cukup besar, maksimal 50 kilogram
  • Estimasi waktu pengiriman 2 sampai 14 hari tergantung alamat tujuan pengiriman

Sebagai catatan tambahan, keunggulan dari kedua ekspedisi di atas kami dapatkan berdasarkan penelusuran ulasan pelanggan. Di mana, untuk menentukan lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat masih membutuhkan sejumlah perbandingan lebih lanjut.

Tarif SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat

Tarif dan SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat

Terlepas dari segi keunggulan ekspedisi SiCepat serta Shopee Express, perbandingkan guna menentukan lebih cepat mana antara keduanya tentu membutuhkan sejumlah aspek sebagai penilaian. Di mana, tarif maupun layanan jasa tersebut memiliki ketentuan berbeda.

Berikut adalah informasi tarif serta layanan SiCepat Halu dan Shopee Express Hemat:

Layanan SiCepat Halu

Dari hasil penelusuran, terlampir di Website resmi SiCepat bahwa layanan Halu sendiri memiliki tarif mulai dari Rp 5.000. Sesuai dengan namanya yakni Halu (Harga mulai Lima Ribu).

Selain menawarkan tarif terjangkau, pelayanan SiCepat Halu sendiri tersedia di semua wilayah Indonesia serta dapat ditemukan pada marketplace seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan SiCepat Halu, layanan pengiriman ke pelosok Indonesia sekalipun bisa dilakukan secara cepat. Pasalnya, pihak PT SiCepat Ekspres sendiri menuturkan pengiriman paket sampai tujuan mulai dari 1 hingga 3 hari.

Layanan Shopee Express Hemat

Sementara Shopee Express Hemat menawarkan ongkir terjangkau namun nominalnya sendiri tidak dapat dipastikan. Pasalnya, informasi tersebut tidak terlampir pada laman resmi SPX. Selain itu, ketentuan Shopee Express Hemat sendiri mencakup durasi pengiriman 2 – 14 hari, berat maksimal 50 kilogram (20 kg jika ambil di tempat), jangkauan terbatas dan sejumlah layanan hanya tersedia di penjual terpilih.

Lebih Cepat Mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat

SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat Lebih Cepat Mana

Dari berbagai aspek keunggulan, tarif maupun layanan yang ditawarkan, tentu setiap orang dapat menggambarkan kualitas akan pelayanan jasa ekspedisi. Namun, dalam penggambaran lebih cepat mana antara SiCepat Halu atau Shopee Express sendiri dibedakan karena sejumlah faktor.

Jika melihat dari layanan pengiriman, tentu SiCepat Halu lebih cepat dibanding Shopee Express Hemat. Pasalnya, pengiriman menggunakan jasa SiCepat Halu memakan waktu 1 hingga 3 hari. Sementara Shopee Express Hemat menawarkan pelayanan ekspedisi mulai dari 2 sampai 14 hari.

Namun, perlu diingat bahwa tarif SiCepat Halu sejatinya mulai dari angka Rp 5.000. Sementara Untuk Shopee Express Hemat ongkirnya bisa lebih terjangkau ataupun lebih mahal. Hal tersebut tentu dilandasi alasan perbedaan berat barang kiriman maupun dimensi ukuran paket.

Maka dari itu, jika hendak mengirimkan barang yang sedang dibutuhkan dalam waktu dekat, pilihan ekspedisi terbaik antara keduanya adalah SiCepat Halu. Sementara saat hendak mengirim paket dengan harga terjangkau namun tidak mempermasalahkan waktu, alternatifnya bisa menggunakan Shopee Express Hemat.

Akan tetapi, perlu diingat bahwa penggunaan Shopee Express Hemat sendiri dapat dilakukan ketika seseorang berbelanja di Toko yang sudah terpilih dari pihak Shopee. Selain itu, jangkauan wilayah juga termasuk hal di mana perlu semua kalangan perhatikan. Sebab, Shopee Express Hemat tidak tersedia di seluruh Indonesia.

Maka dari itu, pertanyaan terkait lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat adalah SiCepat Halu. Maka dari itu, ketika hendak mengirim barang melalui kedua ekspedisi tersebut, penting bagi semua orang agar menyesuaikannya berdasarkan anggaran ataupun kebutuhan.

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Pengiriman

Faktor yang Mempengaruhi Kecepatan Pengiriman

Terlepas dari kecepatan pengiriman SiCepat Halu serta Shopee Express Hemat, semua kalangan juga harus mengetahui bahwa setiap ekspedisi mempunyai ketentuan masing-masing dalam proses distribusi. Di mana, ketika melaksanakannya, hal tersebut dapat dipengaruhi oleh sejumlah faktor sehingga kerap mengalami keterlambatan.

Kecepatan pengiriman umumnya dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Berikut adalah beberapa faktor utama yang bisa mempengaruhi kecepatan proses ekspedisi:

Jarak Pengiriman

Faktor pertama yaitu makin jauh jarak antara lokasi pengirim maupun penerima, maka akan semakin lama waktu ekspedisi yang dibutuhkan. Dalam hal ini, ekspedisi pada satu kota atau daerah biasanya lebih cepat dibandingkan antar provinsi atau antar pulau​.

Layanan Pengiriman

Setiap ekspedisi menawarkan berbagai jenis layanan seperti pengiriman same-day, next-day, reguler, dan ekonomi. Layanan premium seperti same-day dan next-day biasanya lebih cepat dibandingkan dengan layanan ekonomis yang lebih murah tetapi lebih lambat. Pasalnya, saat hendak menggunakan layanan premium, seseorang harus merogoh kocek cukup dalam untuk membayar oingkir.

Kecepatan Kurir

Kecepatan dan efisiensi kurir dalam menjemput dan mengantarkan paket sangat mempengaruhi waktu pengiriman. Kurir dengan nilai displin tinggi, rajin dan efisien dapat mempercepat proses pengiriman​. Di mana, hal ini juga kerap menjadi pertimbangan lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat.

Kondisi Infrastruktur

Kondisi jalan, akses transportasi serta infrastruktur pengiriman di daerah tujuan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan pengiriman. Wilayah dengan infrastruktur baik memungkinkan proses ekspedisi lebih cepat jika dibandingkan dengan daerah terpencil atau dengan infrastruktur yang kurang baik.

Administrasi

Untuk pengiriman internasional, proses administrasi dan bea cukai bisa mempengaruhi kecepatan pengiriman. Barang yang harus melewati beberapa proses pemeriksaan bea cukai umumnya akan memakan waktu lebih lama dibandingkan dengan ekspedisi skala domestik.

Volume Pengiriman

Pada periode tertentu seperti saat diskon besar-besaran, tanggal atau bulan sama, momen liburan, umumnya volume pengiriman akan mengalami peningkatan secara drastis. Sehingga hal tersebut memungkinkan timbul permasalahan dalam proses ekspedisi seperti overload karena beban kerja yang tinggi.​

Cuaca

Cuaca buruk dan kondisi alam seperti banjir, badai maupun bencana alam lainnya juga dapat menjawab pertanyaan lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat. Pasalnya, hal inidapat menyebabkan keterlambatan pengiriman karena bisa menghambat perjalanan maupun akses kurir ke alamat tujuan penerima.

Prosedur Ekspedisi

Efisiensi maupun kecepatan proses pengiriman juga dapat dipengaruhi prosedur internal perusahaan ekspedisi seperti dalam hal pemrosesan, pengelompokan beserta penyortiran paket. Perusahaan dengan sistem efisien umumnya bisa mengirimkan barang lebih cepat serta efisien.

Ulasan Sicepat dan Shopee Express

Berdasarkan penelusuran pada forum pengguna ekspedisi, kebanyakan pengguna menyampaikan komentar negatif serta sejumlah kalangan menyatakan bahwa pengiriman berjalan lancar. Sebagai gambaran atau acuan bagi semua kalangan, berikut adalah ulasan pengguna SiCepat dan Shopee Express.

Ulasan SiCepat

Mulai dari Ekspedisi SiCepat, di mana banyak pengguna kerap mengalami keterlambatan pengiriman ketika menggunakan jasa SiCepat. Sebagai contoh, seseorang mengirimkan barang dari Jakarta Selatan menuju Tangerang dengan jarak tempuh memakan waktu selama 2 jam namun paketnya sampai setelah 5 hari.

Menurut ulasan pelanggan tersebut, pemakaian SiCepat Instant kala itu tak dapat digunakan karena berat paket melebihi batas maksimal. Lantas, pengguna akhirnya menggunakan layanan Cargo SiCepat di mana estimasi waktu sampainya 3 hari. Namun, pada kenyataannya, kirimannya tiba setelah 5 hari.

Namun, pada kasus serupa, seseorang juga menggunakan jasa Cargo SiCepat guna mengirim barang dari Jakarta ke Jogja. Hanya saja, proses pengirimannya menggunakan SiCepat GoKil yang memiliki estimasi waktu sampai 3-4 hari. Namun, pada keesokan harinya setelah dikirim ke agen SiCepat, paket telah tiba di tujuan dalam keadaan baik.

Jadi, dapat disimpulkan apabila pengiriman mengalami keterlambatan sangat mungkin terjadi karena sejumlah faktor di atas. Maka, alternatif guna menanganinya ialah menghubungi kontak agen atau Call Center SiCepat.

Ulasan Shopee Express

Sementara ulasan pelanggan Shopee Express kebanyakan menyampaikan pendapat bahwa kerap mengalami perubahan status dari dalam proses pengiriman namun sampai perpanjanganan garansi, paket tetap nihil atau belum diterima. Hanya saja, ketika hal ini terjadi, pihak Shopee akan memudahkan dalam hal pengembalian saat kendala terjadi.

Tidak hanya itu, tak sedikit pengguna juga merasa kapok ketika menggunakan jasa Shopee Express. Pasalnya, status pengiriman seperti barang sudah diterima kerap didapatkan oleh penerima namun barang kirimannya belum sampai tujuan.

Hanya saja, kekurangan dari jasa kurir Shopee Express sendiri tidak serta merta semua petugas bersifat demikian. Dengan kata lain, faktor pengaruh tenaga kerja masing-masing ekspedisi memang benar memiliki pengaruh terhadap kecepatan dalam proses ekspedisi.

Kesimpulan

Demikian jawaban atas pertanyaan lebih cepat mana SiCepat Halu atau Shopee Express Hemat dari Tomorrowsuite.id, semoga adanya informasi di atas dapat dijadikan gambaran bagi semua kalangan dalam memilih jasa ekspedisi sesuai kebutuhan.

Bagikan:

Photo of author

Fathur Pradita

Seorang penulis di website yang memiliki minat di bidang jasa ekspedisi kurir. Sampai saat ini masih aktif sebagai penulis di beberapa website, salah satunya Tomorrowsuite.id.

Tinggalkan komentar